Thursday, April 07, 2016

Suka Duka Bekerja di Multi National Company Part#3 of 9 : Meeting, meeting dan meeting


Saat di kantor lama, meeting paling-paling 3x dalam sehari dan itu pun sudah terhitung diatas normal, namun di MNC tempat saya bekerja, bukan hal yang aneh jika kita meeting 7x sehari. Rata-rata per bulan di posisi saya harus menghadiri 80 sd 100 meeting. Meski secara standar kerja, meeting seharusnya tidak melebihi 15% dari alokasi waktu per minggu. Kita perlu waktu-waktu diluar meeting untuk mengeksekusi keputusan yang dihasilkan saat meeting.

Karena jam yang digunakan jam internasional, kadang jam meeting terasa aneh misalnya saat kita makan siang atau istirahat, dibawah jam 08:00 atau malah diatas jam 18:00. Bahkan beberapa kali meeting dilakukan saat di Indonesia melaksanakan Shalat Jumat, yang akhirnya saya tolak. Sering sering saya baru bisa makan jam 14:30 atau malah jam 15:00. Buat yang punya penyakit maag sebaiknya siapkan camilan, dan kalau kantor anda tidak mengizinkan makan di ruangan (sebagaimana halnya kantor saya), ya harus curi-curi waktu untuk menggerogoti sepotong dua potong camilan di ruang makan saat jeda antara meeting, atau kalau ada kelebihan waktu sedikit makan do*er kebab di lantai bawah. 

Jangan kuatir tidak ada ruangan saat meeting, dengan menggunakan perangkat seperti Ms Lync tidak ada alasan anda tidak bisa ikut meeting karena kita seakan-akan menggunakan virtual room. Setiap orang hanya duduk di tempatnya masing-masing dan meeting tetap berjalan dengan baik, termasuk melihat presentasi yang disajikan oleh pembicara. Setiap orang juga dapat melihat skedul anda dan akan dengan cepatnya mengisi setiap slot kosong yang ada bagi rencana meeting berikutnya.

Selain meeting, ada cukup banyak email yang saya terima perhari, jika hanya yang berhubungan langsung dengan saya rata-rata perhari sekitar 150 sd 250 email. Jika komunikasi operasional dengan pelanggan dimasukkan, jumlahnya bahkan bisa mencapai 400 sd 500 email perhari.

Kesimpulan

Dalam MNC koordinasi sangat penting, jangan heran kalau meeting bisa begitu banyak.  Kadang di level regional bisa melakukan meeting yang sama, dalam situasi saya, per minggu ada paling tidak 3x meeting yang topiknya persis sama tetapi dilakukan 2 level regional yang berbeda. 

Ke Part 4 : http://hipohan.blogspot.co.id/2016/04/suka-duka-bekerja-di-multi-national_60.html

No comments: